Soal Tata Kelola Keuangan, Daerah Lain Diminta Contoh Banda Aceh

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief meminta kabupaten/kota lain di Aceh untuk mencontoh Pemerintah Kota Banda Aceh dalam hal tata kelola keuangan.

Hal ini disampaikan Laode M Syarief, Rabu (3/8/2016) pada acara rapat koordinasi dan supervisi pencegahan dan penindakan korupsi terintegrasi di Aceh di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Pada rapat yang diikuti Gubernur dan seluruh Bupati/Walikota se-Aceh, Laode mengatakan bahwa banyak kelemahan dari Kabupaten/ kota dalam tata kelola keuangan, namun tidak semua Kabupaten/ kota juga lemah, ada juga yang sudah baik seperti halnya Kota Banda Aceh.

Menurut Laode, Pemerintah Kota yang telah meraih 8 kali WTP secara berturut-turut tersebut merupakan Pemerintah Daerah di Aceh yang pengelolaan keuangannya menjadi yang terbaik. Karenanya, Wakil Ketua KPK tersebut meminta daerah lain di Aceh dapat mencontoh apa yang telah dicapai Banda Aceh.

“Mayoritas Pemerintah Daerah masih lemah dalam tata kelola keuangan, tapi tidak semuanya. seperti di Aceh ini, Banda Aceh tata kelola keungannya terbaik. Ini bisa dicontoh oleh daerah lain,” ujar Laode merekomendasi.