Wakil Walikota : PPS Ujung Tombak Sukses Pilkada

Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin mengatakan seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak Kota Banda Aceh tahun 2017 merupakan ujung tombak suksesnya Pilkada yang aman, jujur dan adil.

Pernyataan ini disampaikan Zainal Arifin seusai acara pelantikan 270 anggota PPS Kota Banda Aceh, Kamis (21/7/2016) di Aula lantai IV, Gedung A, Balaikota Banda Aceh.

Pria yang akrab disapa Keuchik Zainal ini mengatakan, dengan dilantiknya anggota PPS, maska seluruh organ penyelenggara Pilkada di tingkat Kota Banda Aceh telah tersedia.

“Karenanya, kita berharap seluruh tahapan pemilu yang sudah mulai kita laksanakan akan dapat dituntaskan sampai dengan penetapan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Pilkada 2017 mendatang,” harapnya.

Selaku pimpinan daerah, Keuchik Zainal menyerukan kepada para PPS dalam 90 Gampong dalam Kota Banda Aceh, agar kiranya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai beban tupoksi pemilihan.

“Jadilah panitia pemungutan suara yang senantiasa menjaga dan mengedepankan independensi serta tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik peserta Pemilu manapun,” pintanya.

Sementara itu, Ketua KIP Kota Banda Aceh, Munawarsyah seusai melantik menyampaikan 270 orang PPS yang dilantik telah melalui seleksi yang ketat oleh pihaknya. Bahkan saat pendaftaran dibuka yang diikuti oleh 504 orang, tiga orang dinataranya langsung dicoret karena masih tercatat sebagai anggota partai politik.

“Dari 270 orang yang kita lantik ini, kami masih memberikan kesempatan kepada masyarakat kota agar memberikan laporan kalau ada menemukan PPS yang dilantik tercatat sebagai anggota partai politik,” pintanya.