Penyandang Disabilitas Terima Bantuan 2,5 Juta Perorang

Sebanyak 170 orang penyandang disabilitas dari seluruh Gampong di kota Banda Aceh menerima bantuan uang sebesar Rp. 2, 5 juta perorang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, Rabu (29/06) di Aula lantai IV, Gedung A, komplek Balikota Banda Aceh.

Selain bantuan uang, para penyandang disabilitas juga mendapatkan paket sembako berupa Beras, Minyak Goreng dan Susu yang juga diserahkan Illiza.

Illiza mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemko kepada warga yang memiliki keterbatasan fisik. Selain bantuan sosial tersebut,  para penyandang disabilitas juga mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Banda Aceh setiap tahunnya.

“Bantuan ini sengaja kita berikan jelang Hari Raya, agar bisa digunakan untuk kebutuhan lebaran dan juga untuk kebutuhan di akhir Ramadhan,” jelas Illiza dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Purnama Karya menjelaskan, bantuan sosial yang bersumber dari APBK Banda Aceh melalui DPKAD itu telah disalurkan selama tiga tahun terakhir.

Terkait data penerima bantuan, Purnama Karya mengungkapkan selama ini pihaknya bekerjasama dengan Tenaga Suka Rela Kecamatan (TKSK) yang melakukan verifikasi data hingga ke kampung-kampung.

“Tadinya data kita ada 192 orang, namun setelah di verifikasi oleh TKSK tinggal 170 orang lagi, karena ada yang sudah pindah dan sudah meninggal,” ujar Purnama Karya.

Purnama menyebutkan, bantuan berupa uang Rp. 2,5 Juta langsung di transfer ke Rekening masing-masing penerima, sedangkan untuk penerima yang dibawah umur di transfer ke Rekening orang tuanya.