120 Kader Posyandu Ikut Lomba Rangking I

Kader posyandu merupakan ujung tombak dari pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tingkat gampong, oleh karena itu upaya untuk meningkatkan pengetahuan bagi kader-kader posyandu harus secara rutin dilakukan.

Hal demikian disampaikan Ketua Komisi D DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar pada kegiatan Lomba Rangking I Kader Posyandu se-Kota Banda Aceh, Minggu (19/06). Turut hadir Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Jamal, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Media Yulizar dan Anggota DPRK Banda Aceh Syarifah Munira.

Farid mengatakan perlombaan yang diikuti 120 orang kader dari 114 posyandu di kota Banda Aceh tersebut dilaksanakan guna memotivasi kader-kader posyandu yang selama ini telah bekerja secara ikhlas ditengah-tengah masyarakat meskipun imbalan yang diterima tidak seberapa.

Ia berharap dengan adanya kegiatan itu dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kader posyandu serta mengasah kembali kemampuan yang telah dimiliki selama ini, mengingat kader posyandu berada di garda terdepan dalam memberikan layanan ksehatan bagi masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kita kepada kader-kader posyandu yang selama ini berperan aktif  ditengah-tengah masyarakat,”ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Sementara itu Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Jamal saat membuka kegiatan  tersebut menilai pentingnya kegiatan ini sebagai edukasi bagi kader-kader posyandu yang selama ini berjuang memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kegiatan-kegiatan yang mengedukasi seperti ini harus sering kita lakukan, ini sebagai apresiasi kita atas keberadaan mereka,”ujarnya.

Illiza menambahkan, saat ini juga sudah ditetapkan sembilan gampong percontohan tentang pelayanan masyarakat, sehingga setiap ibu-ibu hamil dan menyusui secara berkala akan disampaikan perkembangan melalui sistem SMS.

Ditempat yang sama Ketua panitia kegiatan Sylvana Adella menyebutkan kegiatan rangking I sebagai kegiatan puncak dari serangkaian kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat yang dimulai sejak April 2016 lalu berkat kerjasama antara

Dinas Keseahatan kota Banda Aceh dengan SHS, yang difasilitasi oleh Ketua Komisi DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar.
Adapun materi dari lomba rangking I antara lain materi Gizi, materi PHBS, ksehatan ibu dan anak, imunisasi dan kelembagaan posyandu.