Sejumlah Kementerian Sepakati Sail Sabang 2017

SABANG-Sejumlah perwakilan dari beberapa Kementrian sepakati pelaksanaan Sail Sabang 2017 dan Ulang Tahun Jambore Iptek ke 20 tahun di Kota Sabang ini. Hal tersebut disepakati saat rapat persiapan pertemuan ketiga yang berlangsung Aula Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Kamis (16/6) sore di Sabang.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Penasehat Menteri Pariwisata RI, Dwisuryo Indroyono Soesilo yang juga turut dihadiri oleh Kemenko Maritim, Kemenhub, Kementrian Pariwisata, LIPI, BPTP, Media Group, BPKS, dan beberbagai unsur perakat daerah lainya, saling menyepakati dukungnya atas pelaksanaan Sail Sabang 2017 dalam rangka memperingati Jambore Iptek ke 20 dan Rally Yacht.

Rapat yang berlangsung hampir 2 jam tersebut, Indroyono meminta kepada peserta yang hadir untuk dapat menyepakati dukungan yang akan diberikan dalam pelaksanaan Sail Sabang 2017 mendatang.

Dirinya juga menanyakan secara satu persatu dari berbagai perwakilan yang hadir untuk dapat memberikan dukungan seperti apa agar Sail Sabang 2017 ini dapat terlaksana.

Setelah mendengar dukungan dari berbagai unsur yang hadir, Indroyonoi menyimpulkan bahwa semua unsur yang hadir telah menyepakati bahwa mendukung Sail Sabang 2017. Untuk itu dirinya kembali menyebutkan bahwa perlu langkah lebih lanjut untuk menyukseskan kedepannya.

Ada beberapa kesepakatan dicapai dalam rapat tersebut, seperti dari Kementerian Pariwisata akan mengundang INNA Group untuk mengelola sejumlah objek wisata di kota Sabang ini dalam rangka persiapan Sail Sabang 2017, melakukan promosi wisata dengan video berdurasi 30 detik di TV Internasional serta mengalokasikan anggaran 2 Miliar untuk Promosi.

Kemudian, Mendikbud menyelesaikan Musem dan KM Nol Indoneseia; Revitalisasi Pelabuhan, bandara dan air bersih  (BPKS dan Kemenhub); Pameran dan Seminar Internasional, Pusat Riset Oceanografi, 2 Kapal survei dan 1 kapal Pemuda Nusantara, 1 Bis Air ( LIPI dan BPPT); Aneka perlombaan Terjun Payung Internasional dan Aerobatik Internasional; Pembangunan Hotel akan dirampungkan hingga 2018 (Media Group).

” Untuk menyukseskan kegiatan ini, Saya juga telah bertemu dengan Gubernur Aceh, dan Gubernur juga telah miminta dukungan dari Presiden agar Sail di tahun 2017 akan dilaksanakan di Kota Sabang,” jelasnya lagi.