BI Salurkan Beasiswa Kurang Mampu

Bank Indonesia Perwakilan Aceh menyalurkan beasiswa bagi 80 Mahasiswa dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Rabu (15/06) sore.

Penyerahan beasiswa senilai Rp. 480 juta itu dalam rangka program sosial Bank Indonesia sebagai dedikasi BI untuk negeri, ditandai dengan penandatangan penyerahan oleh Kepala Perwakilan BI Aceh  Ahmad farid, Rektor Unsyiah Samsul Rizal dan Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi. Turut disaksikan Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal.

Kepala BI Perwakilan Aceh  Ahmad Farid menyebutkan beasiswa tersebut rutin disalurkan setiap tahun bagi mahasiswa dari golongan kurang mampu. Menurutnya untuk memperoleh beasiswa tersebut telah melalui proses seleksi, syaratnya sudah menyelesaikan kuliah 4 semester, memiliki IP diatas tiga, dan aktif dalam kegiatan sosial masyarakat.

”Ini dari Unsyiah 40 orang dan UIN 40 orang, Jadi kita minta ke kampus dua kali lipat dari jumlah yang akan kita salurkan, kemudian kita wawacara langsung, kita seleksi,”ujarnya.

Diakui Ahmad Farid, penerima beasiswa umumnya berasal dari daerah dan sebelumnya tidak mendapatkan beasiswa bidik misi dan beasiswa dari tempat lainnya. Selain itu beasiswa Bank Indonesia juga tidak memiliki ikatakan dinas.

Lebih lanjut ia merincikan beasiswa diberikan Rp. 6 juta perorang dengan cara dua kali transfer.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Farid Wajdi Ibrahim mengingatkan kepada penerima beasiswa untuk terus berpacu meningkatkan kualitasnya, karena menurutnya pemberian beasiswa yang berasal dari uang negera itu harus diiringi dengan peningkatan kualitas mahasiswa.

Rektor Unsyiah Banda Aceh Samsul Rizal mengingatkan agar beasiswa itu digunakan untuk kepentingan belajar bukan kepentingan pribadi seperti membeli Hp.

Walikota Banda Aceh yang juga hadir pada penyerahan beasiswa itu mengharapkan beasiswa tersebut dapat mendorong mahasiswa untuk semangat belajar dan terus meningkatkan prestasi di kampus.