Ujian Jalur UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Digelar 14-15 Juni

Sebanyak 4431 calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry akan mengikuti seleksi melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun akademik 2016. Ujian berlangsung pada 14-15 Juni 2016 mendatang yang dipusatkan di Lingkungan kampus UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA, Jumat (10/6/2016) kepada wartawan mengatakan, UM-PTKIN ini merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, UM-PTKIN diselenggarakan di seluruh PTKIN termasuk UIN Ar-Raniry.

“UM-PTKIN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi, tahun 2016 ini UIN Ar-Raniry merupakan peringkat pertama peminatnya untuk se-Sumatera dan berada pada peringkat ke-3 secara Nasional, ini merupakan kepercayaan masyarakat kepada UIN Ar-Raniry untuk mendidik generasi bangsa khususnya generasi muda Aceh,” ujarnya.

Farid menambahkan, UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa melalui empat jalur, dua jalur yang telah dilaksanakan adalah jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN), jalur UMPTKIN ini yang sedang berlangsung dan yang terakhir jalur PMB UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry Dr Muhibutthabary M.Ag mengatakan, pelaksanaan tes calon mahasiswa jalur UM-PTKIN ini dilakukan serentak seluruh Indonesia selama dua hari (Selasa-Rabu), 14-15 Juni 2016 mendatang. Pada hari pertama dimulai pada pukul 07.00 Wib dan hari kedua pukul 07.30 wib untuk peserta IPA, sedangkan peserta IPS pukul 08.45 wib.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads