Semua Level Pemerintahan Selayaknya Jalankan Keterbukaan Informasi Publik

Semangat keterbukaan sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang tentang Keterbukaan Informasi Publik, sudah selayaknya dijalankan oleh setiap level pemerintahan.

“Diharapkan tingkat partisipasi dan keterlibatan publik di dalam mendukung aktivitas pembangunan juga akan semakin meningkat demi mencapai tujuan bersama,” begitu kata Sekda Kota Banda Aceh, Bahagia, pada acara launching Youth Report Center (YRC) Aceh, Rabu (17/2/2016) di Aula Balai Kota Banda Aceh

Menurut Sekda, sebagai wujud keterbukaan dan pelayanan informasi publik tersebut, pihaknya telah melaksanakan serangkaian program, di antaranya adalah dengan menyediakan sarana informasi kegiatan dan pembangunan kota melalui website resmi Pemko Banda Aceh yaitu http://www.bandaacehkota.go.id/.

Pemko Banda Aceh, sambungnya, tentu memberi dukungan penuh atas inisiatif YRC Aceh yang gencar melakukan sosialisasi tentang pentingnya peran pemuda dalam mendorong keterbukaan informasi dan pelayanan publik di beberapa sekolah menengah, perguruan tinggi dan komunitas pemuda  yang ada di Kota Banda Aceh.

Ia pun menyakini, keterlibatan pemuda dalam mengawal pemerintahan dan pembangunan akan memberi arti penting untuk kebutuhan pembangunan itu sendiri. “Pada kesempatan ini, kami juga mengajak semua elemen untuk dapat mendukung dan mendorong percepatan perwujudan keterbukaan informasi publik secara maksimal di segala lini demi percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan visi Banda Aceh sebagai Model Kota Madani,” pungkas Sekda.

Sekjen TII Dadang Trisasongko menyebutkan, YRC Aceh dibentuk guna mendorong kaum muda sebagai penghuni populasi terbesar dalam masyarakat untuk terlibat aktif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Menurutnya, pencegahan dan pemberantasan korupsi tidak cukup diajarkan di dalam kelas saja. Tidak pula harus turun ke jalan, dan menyorot kasus-kasus besar di tingkat nasional. “Akan lebih efektif melalui pengalaman dengan langsung ikut mengawasi pelayanan publik di desa maupun di sekolah. Jadilah pelopor pengawasan layanan publik di daerah masing-masing,” ajaknya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads