UIN Ar-Raniry Beri Perhatian Khusus bagi Mahasiswa dari Pulau Simeulu

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue dalam bidang pendidikan dan pengabdian.

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dan Bupati Simeulue Drs. H. Riswan NS, disaksikan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag dan Ketua DPRK Simeulue Murniati, SE, berlangsung pada Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda semester genap TA 2014/2014, Sabtu (22/8/2015) di Auditorium Prof Ali Hasjmy Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh membuka peluang kepada semua pihak yang ingin melakukan kerja sama, kali ini pemerintah Kabupaten  Simeulue sepakat untuk menandatangani naskah kerjasama dengan UIN Ar-Raniry yang dilaksanakan dalam prosesi wisuda UIN tahun 2015.

Rektor menambahkan, UIN Ar-Raniry selama ini telah memberikan perhatian kepada masyarakat dan pemerintah Kabupaten Simeulue dan mereka menerimanya dengan baik, pada tahun 2015 ini UIN Ar-Raniry memberikan perhatian khusus kepada putra-puteri Simeulue saat masuk ke UIN Ar-Raniry, sehingga mereka dapat menimba ilmu di UIN Ar-Raniry.

Selanjutnya kata Rektor, UIN Ar-Raniry juga memberikan perhatian kepada masyarakat di Kabupaten Simeulue, misalnya kita mengikirimkan dosen dalam program pengabdian masyarakat, biasanya berlangsung selama 20-30 hari berada di daerah, ke depan juga akan ada pengabdian mahasiswa dalam bentuk KPM yang akan ditempatkan di Simeulue.

Lebih lanjut Kata Farid, pihak UIN Ar-Raniry nantinya akan membahas kembali apa yang memungkinkan dilakukan di wilayah Simeulue dengan  potensi yang dimiliki UIN Ar-Raniry ini, apalagi saat ini telah menjadi UIN dan bertambah bidang kajian. tentunya akan bertambah juga potensi yang dapat dilakukan di daerah-daerah dan pemerintah, ini ada kaitannya dengan pengembangan potensi yang dimiliki UIN saat ini yaitu adanya Fakultas Ilmu Pemerintahan. Dan yang paling penting produk-produk Ar-Raniry dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat yang ada di daerah nantinya.

Sementara itu Bupati Simeulue Drs. H. Riswan NS mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Simeulue memberikan apresiasi kepada UIN Ar-Raniry yang telah memberikan kesempatan untuk melakukan kerjasama yang diawali dengan penandatanganan naskah kerjasama antara UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue.

“Alhamdulillah ke depan kita harapkan putera-puteri dari Kabupaten Simeulue lebih banyak mendapat kesempatan untuk dapat menuruskan pendidikannya di UIN Ar-Raniry ini, dalam tiga tahun terakhir ini disambut baik program-program oleh Rektor UIN Ar-Raniry,” ujarnya.

Bupati menyebutkan, tahun ini ada 115 orang putera-puteri dari Kabupaten Simeulue yang mengikuti tes masuk ke UIN Ar-Raniry, 106 diantaranya lulus seleksi, selebihnya ada yang diberi kesempatan lulus rekomendasi ke prodi-prodi tertentu, serta sebagian lainnya nilai nya masih dibawah standar.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag meyebutkan, ada beberapa hal yang dituangkan dalam naskah kerjasama antara UIN Ar-Raniry dengan Pemerintah Kabupaten Simeulue, diantaranya UIN  Ar-Raniry memberikan kesempatan kepada putera-puteri daerah yang memiliki kemampuan dan minat untuk mengikuti pendidikan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads