Wamenlu AS Sebut Nelayan Aceh Penyelamat Rohingya Sebagai Pahlawan

Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf bersama Wali Nanggroe  Malik Mahmud Al-Haytar mendampingi Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anne C Richard, untuk meninjau langsung kondisi pengungsi Rohingya asal Myanmar yang berada di penampungan TPI Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Aceh Utara. Selasa (2/6)

Wakil Gubernur  menyebutkan  hal yang paling penting saat ini adalah membangun tempat penampungan permanen agar para pengungsi dapat di tampung lebih lama sebelum mendapat solusi yang terbaik untuk mereka.

Pemerintah dan Masyarakat Aceh  berusaha keras untuk menolong pengungsi rohingya,”Aceh pernah merasakan hal yang sama ketika dalam konflik, oleh karena itu kita akan menolong siapa saja yang membutuhkan pertolongan kemanusiaan” jelas Muzakir.

Sementara itu, Anne Richard  dalam konferensi persnya setelah meninjau lokasi penampungan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Aceh yang secara spontan membantu pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh.” Saya sangat senang bisa bertemu lansung dengan pengungsi Rohingya dan pahlawan yang telah menyelamatkan  mereka” katanya.

Anne Richard mengatakan, Amerika Serikat sangat mendukung upaya yang dilakukan pemimpin di ASEAN dalam menyelesaikan masalah imigran Bangladesh dam Rohingya.” Kami akan terus berkonsultasi dengan pemerintah setempat mengenai solusi dan kebutuhan dana untuk para pengungsi” ujarnya

Selanjutnya jelas Anne, Pemerintah Amerika Serikat akan bekerjasama dengan Komisioner tinggi PBB untuk Pengungsi ( UNHR ) dan Organisasi Internasional Migrasi ( IOM ) untuk membahas langkah-langkah berikutnya dalam penanganan pengungsi tersebut.

Sebelum meninggalkan lokasi, Anne Richard bersama Pejabat lainya menyempatkan diri secara khusus bertemu  dan memberikan apresiasi kepada para nelayan yang telah menyelamatkan manusia perahu yang terdampar di perairan Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads