Produksi Kacang Hijau dan Kacang Tanah Turun Signifikan

Luas panen dan produksi sejumlah komoditas palawija diperkirakan akan menurun ditahun 2013 ini, penurunan yang sangat signifikan terjadi pada komoditas kacang tanah dan kacang hijau.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto mengatakan sejumlah komoditas palawija diperkirakan akan mengalami penurunan luas panen dan produksinya di tahun 2013 antara lain Komoditas kedelai, luas panennya diperkirakan akan menurun 1,67 persen, kemudian komoditas kacang tanah diperkirkan turun hingga 44,83 persen, kacang hijau turun 33,92 persen dan ubi kayu menurun sebesar 7,13 persen. Hermanto menyebutkan penurunan luas panen juga diikuti penurunan produksi, kecuali untuk komoditas kedelai.

“Turunnya cukup tajam di kacang tanah, ini karena turunnya luas panen, tapi teorinya memang seperti itu, kalau ada palwija lain yang naik, pasti ada yang turun, karena dia lahannya sama”lanjutnya.

Hermanto menambahkan khusus untuk palawija komoditas jagung dan ubi jalar diperkirakan luas panen dan produksinya naik di tahun 2013 ini, Hermanto menyebutkan luas panen jagung akan terealisasi tahun 2013 mengalami peningkatan 3,96 persen dibandingkan dengan realisasi tahun 2012. Sedangkan produksi jagung diperkirakan akan meningkat sebesar 11,64 persen dibandingkan tahun 2012.

Kondisi yang sama juga terjadi pada komoditas ubi jalar, dimana luas panen ubi jalar tahun 2013 diperkirakan meningkat sebesar 3,01 persen dibandingkan tahun 2012. sedangkan produksinya meningkat sebesar 3,94 persen.

Selain itu menurut Hermanto realisasi luas panen palawija sampai dengan subround II bulan Januari-Agustus 2013 memperlihatkan adanya penurunan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2012.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads