Sekda : Berikan Pelayanan Maksimal Pada Jamaah Shalat

Salah-satu indikator dari sebuah kota madani adalah masjid-masjidnya dipenuhi oleh jamaah ketika waktu shalat tiba.

Hal ini dikatakan Sekdakota Banda Aceh, Drs T Saifuddin TA M Si pada acara pembukaan pelatihan manajemen pengelolaan Masjid, Rabu (25/9) di Aula BLUD Disdikpora, Komplek SMKN 1,2,3 Lhong Raya Banda Aceh.

Terkait dengan masih kurangnya jamaah masjid saat waktu shalat tiba, Sekda berpendapat hal ini disebabkan oleh pengelolaan manajemen masjid yang belum begitu baik. Dalam hal ini, salah satu upayanya adalah membekali Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dengan pengetahuan manajemen.

Menurut Sekda, BKM juga harus mampu bekerjasama dengan dengan semua elemen yang ada dimasyarakat sehingga masyarakat tidak merasa dikotak-kotakkan.

“Semua masyarakat yang beribadah diberikan pelayan yang maksimal dengan menyediakan fasilitas yang lengkap. Seperti kebersihan toilet perlu diperhatikan agar jamaah merasa nyaman, biaya operasional jangan hanya dipergunakan untuk ngecat, rehab pagar dan lainnya tapi juga penting untuk kebersihan,” pinta Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh, Mairul Hazami SE M Si dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini dilakukan untuk pembinaan dan pelatihan pengelola masjid agar pengurus masjid ini mendapatkan suatu pembelajaran dan pembinaan sehingga mereka dapat berfungsi maksimal dalam menjalankan tugasnya untuk memakmurkan masjid.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diikuti oleh 50 orang pengurus BKM dari 50 masjid yang ada di Banda Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads