Ini Kata Mentri Pariwisata Tentang Sabang

Pemerintah Aceh dan pemerintah kota Sabang diminta untuk meningkatkan daya tarik wisatawan agar mau berkunjung dan betah ketika berada di kota Sabang.

Hal demikian dikatakan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pengestu saat menghadiri PKA ke VI di Banda Aceh.

Marie Elka mengharapkan pemerintah Sabang untuk meningkatkan fasilitas dan sarana prasarana pariwisata termasuk Industri wisatanya, selain itu pemerintah juga harus membuat paket wisata yang memudahkan wisatawan. Menurutnya Sabang mempunyai potensi wisata yang bagus, laut naturalnya yang dalam membuat kapal-kapal pesiar mudah merapat ke Sabang.

“Tantangannya orang kalau pigi ke Sabang kan bukan setengah hari, makanya kita butuh fasilitas supaya orang ada tempat tinggal, dan juga membuat paket agar orang tau dari Sabang bisa kemana saja”ujarnya.

Marie mengatakan Pemerintah melalui Kementrian Pariwisata sudah memberikan bantuan langsung baik kepada pemerintah daerah maupun langsung ke masyarakat, seperti desa Wisata. Namun jika berkaitan dengan masalah bandara dan masalah pelabuhan maka pihaknya butuh komunikasi dengan Kementrian lain.

Apalagi menurutnya Presiden SBY sendiri sangat mendukung agar Sabang diangkat menjadi destinasi wisata Internasional.

Lebih lanjut Marie Elka menambahkan Banyak tujuan wisata yang bisa dikunjungi di Aceh, khususnya situs-situs tsunami yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Aceh.

“Tsunami bisa diangkat dengan cerita-ceritanya, melalui foto-foto, bagaimana sebelum tsunami, bagaimana ketika tsunami dan bagaimaa sekarang, saya melihat itu dilakukan di Jepang”lanjutnya.

Sementara itu Saat membuka PKA ke VI Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Pemerintah pusat siap mendukung sepenuhnya program pemerintah Aceh menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata Nasional maupun Internasional.

“Saya siap mendukung pengembangan pariwisata Sabang sebagai salah satu tujuan pariwisata tingkat nasional, bahkan tingkat Internasional,”ujar Presiden.

Presiden mengatakan, Pemerintah pusat siap menfasilitasi provinsi Aceh untuk mengembangkan sector pariwisata di Aceh, terutama pariwisata di Sabang. “Kita ingin menjadikan Sabang sebagai salah satu tujuan wisata tingkat nasional maupun internasional,”sambungnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads