Pemko : Jangan Merokok Hari Ini

Sehubungan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada  tanggal 31 Mei 2013, Pemerintah Kota Banda Aceh menghimbau kepada seluruh masyarakat Banda Aceh untuk tidak menggunakan produk tembakau atau tidak merokok pada hari ini Jum’at 31 Mei 2013.

Kepala dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Media Yulizar mengatakan Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2007  menggambarkan Provinsi Aceh berada pada rangking pertama dari 33 provinsi di Indonesia untuk angka penyakit Stroke dan penyakit jantung dan rangking kedua untuk hipertensi dan DM.

“ada delapan dari sepuluh laki-laki dewasa di Aceh merokok menghabiskan rata-rata 18 batang rokok per hari”lanjutnya.

Sementara itu Menurut organisasi kesehatan sedunia (WHO) dari hasil survey tahun 2011 menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok ketiga terbesar di dunia setelah Cina dan India, yaitu 34 persen atau 1 dari 3 orang Indonesia merokok.

Perokok pria di Indonesia juga yang tertinggi sekitar 67 persen atau 2 dari 3 laki-laki di Indonesia merupakan perokok aktif.

Di tingkat dunia, diperkirakan kebiasaan merokok setiap tahunnya menyebabkan kematian 5,4 juta jiwa. Oleh karena itu sejak tahun 1988 Majelis Kesehatan Dunia, melalui resolusi WHA menyerukan dirayakannya Hari Tanpa Tembakau Sedunia pada setiap tanggal 31 Mei.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads