Banda Aceh Tatap Adipura Kencana

Kota Banda Aceh berpeluang meraih Adipura Kencana, yang merupakan penghargaan tertinggi bagi kota paling bersih di Indonesia.

Hal itu dikatakan Asisten Deputi Urusan Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Sudirman, pada pencanangan Gerakan Indonesia Bersih di Kompleks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh.

Sudirman mengatakan saat ini kota Banda Aceh masuk dalam lima besar kota terbersih tingkat nasional, sehingga memiliki peluang besar untuk mendapatkan adipura Kencana, menurutnya ada beberapa indikator yang harus dipenuhi Kota Banda Aceh untuk meraih adipura kencana seperti semangat masyarakat menjaga kebersihan lingkungan secara berkelanjutan, memiliki bank sampah dan masyarakatnya menghargai sampah sehingga memiliki nilai ekonomis. Selain itu kota Banda Aceh juga harus hemat energy dan menjaga kesetabilan air.

“cir-ciri kota adipura kencana seperti kotanya harus masuk lima besar dulu, dan banda aceh sudah masuk, kemudian hemat energy, kemudian TPA nya harus bisa dimanfaatkan gas metan, menjaga kesetabilan air, saya lihat syaratnya sudah ada tapi keputysan di pak mentri”lanjutnya.

Sudirman menambahkan banyak reward yang akan didapat oleh kota yang meraih adipura kencana, seperti diikutsertakan dalam even-even Internasioal.

Sementara itu, Wakil Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal mengatakan pemerintah kota dan masyarakat bertekad meraih penghargaan Adipura Kencana, menurutnya untuk meraih Adipura Kencana, pemerintah kota akan memperbaiki manajemen dan perilaku masyarakat agar mau bersama-sama menjaga kebersihan kota Banda Aceh.

“kalau dari petugas kita sudah sangat siap, sekarang tinggal kesadaran masyarakat yang harus semua bertekat untuk membawa pulang adipura kencana”lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Asisten Deputi Urusan Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Sudirman juga meresmikan bank sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gampong Jawa, Banda Aceh.

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads