Australia Bantu 70 Kelompok Keuangan Micro

Michael Bliss Tinjau Usaha Micro (Antero/Rizal Fikri)

Australia mengumumkan akan mendukung pertumbuhan dan pengembangan 70 kelompok keuangan mikro di 9 Kabupaten di Aceh. Sekitar setengah juta dolar Australia (AUD 470,000) telah ditargetkan oleh Kemitraan Australia Indonesia (AIP) untuk memberikan pelatihan, pendampingan, pinjaman kecil dan program tabungan untuk membantu masyarakat mendirikan usaha kecil.

Program ini akan mencakup Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Barat Daya, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamian, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya dan Aceh Barat. Tiga kabupaten ini, – Aceh Barat, Aceh Jaya dan Aceh Besar – menerima dukungan keuangan mikro dari Australia dalam tiga tahun setelah bencana tsunami.

Michael Bliss, Deputy Kepala Misi (Acting Deputy Head of Mission) Kedutaan Besar Australia mengatakan bahwa Australia akan mendorong berjalannya kesempatan kemitraan dengan masyarakat Aceh untuk memperkuat perdamaian, mengurangi kemiskinan dan memperbaiki kehidupan masyarakat.

“Hal ini mendukung orang untuk termotivasi dengan ide baik guna dapat mengakses beberapa sumber pendanaan yang mereka butuhkan untuk memulai atau menumbuhkan sebuah usaha bisnis. Hal ini juga menciptakan pekerjaan dan berkontribusi terhadap ekonomi lokal” kata Bliss.

Australia saat ini menyumbang sekitar AUD 27 Juta untuk bantuan pendidikan, peningkatan pelayanan pemerintah, mata pencaharian dan perdamaian di Aceh melalui Kemitraan Australia Indonesia. Ini termasuk proyek Local Governance Innovations for Communities in Aceh (LOGICA 2), Support for Education Development in Aceh (SEDIA) dan berkontribusi kepada proyek Bank Dunia yaitu Konsolidasi Pembangunan Damai di Aceh (CPDA). Program keuangan mikro AIP termasuk ke dalam paket bantuan ini. (im)