45 Persen Impor Aceh Dari Malaysia

Salman Iqbal – Antero

Nilai Ekspor Provinsi Aceh pada bulan Mei 2010 lalu mengalami peningkatan yang cukup berarti, yaitu meningkat 45 persen bila dibandingkan dengan bulan yang lalu, peningkatan nilai ekspor ini di antaranya lebih disebabkan oleh meningkatnya volume ekpor terhadap bahan bakar mineral.

Adapun nilai ekspor provinsi Aceh pada Mei 2010 berjumlah 154 Juta USD lebih, sedangkan bulan yang lalu hanya sebesar 105 juta USD lebih. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Syeh suhaimin, mengatakan Keadaan tersebut juga  menyebabkan peningkatan nilai ekspor selama bulan Januari hingga Mei 2010 dibandingkan dengan januari hingga mei 2009, dengan rata-rata peningktan sebesar 81,73 persen. “peningkatan nilai ekspor ini di antaranya lebih disebabkan oleh meningkatnya Volume Ekpor terhadap Bahan Bakar Mineral, keadaan tersebut juga menyebabkan peningkatan nilai ekspor tahun ini” lanjutnya.

Suhaimin menambahkan untuk total nilai impor Provinsi Aceh pada Mei 2010 juga lebih rendah 59 persen jika dibandingkan dengan bulan lalu. 45 persen dari seluruh impor Aceh saat ini berasal dari Malaysia, selanjutnya dari Singapura, China, Khuwait dan Thailand.


 

Berita Terkait

Berita Terkini

Google ads